Tempat Untuk Belajar Secara Online

Keutamaan Sholat Jum'at Beserta Niat, dan Hukumnya

Sholat Jumat - Pastinya seluruh umat Islam di Indonesia sudah tau sholat jum'at itu apa, namun banyak juga yang sudah tau namun belum mengetahui keutamaan dan hukum dari sholat jum'at ini.

Sholat Jum'at

Sholat Jum'at

Sholat Jum'at adalah sholat yang dilakukan di hari jum'at dan dilakukan secara berjama'ah. Sholat jum'at ini dilakukan sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Sholat jum'at ini berbeda dengan sholat fardhu lainnya, karena pada sholat ini diadakan khutbah dengan beragam keutamaan.

Kenapa dihari jum'at?. Karena hari jum'at adalah hari yang paling agung dalam sepekan karena banyak keutamaan di hari jum'at ini. Jumlah jama'ah yang harus hadir untuk sholat jum'at yaitu minimal 40 orang. Sholat ini dilakukan di waktu dzuhur atau siang hari.

Adapun cara melakukan sholat Jum'at ini sama dengan sholat shubuh, namun tidak memakai qunut.

Hukum Sholat Jum'at

Para ulama sudah sepakat dengan hukum sholat jum'at yaitu fardhu ain. Dalil tentang hukum sholat jum'at ini sudah sangat jelas di Al-Qur'an ataupun Hadist.

Allah SWT berfirman tentang hukum sholat jum'at : 

QS. Al-Jum'ah ayat 9

Artinya : "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Jum'ah ayat 9)

Adapun dalil dari hadist yaitu : 

HR. Muslim dan Ahmad

Artinya : "Sebenarnya aku berniat hendak menyuruh seseorang menjadi imam kaum muslimin agar mereka mengerjakan sholat secara berjamaah lalu aku pergi membakar rumah laki-laki yang meninggalkan sholat Jumat” (HR. Muslim dan Ahmad).

HR. An Nasa’i, Abu Dawud dan Ahmad

Artinya : "Barangsiapa meninggalkan tiga kali Sholat Jumat karena menganggap remeh maka Allah akan menutup mata hatinya” (HR. An Nasa’i, Abu Dawud dan Ahmad).

Tapi siapa saja yang diwajibkan untuk sholat Jum'at ?

Sholat Jum'at wajib untuk semua muslim laki-laki yang baligh, merdeka, berakal, muqim, dan bisa mendatanginya.

Sebagaimana Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan bahwa golongan orang yang tidak diwajibkan untuk sholat jum'at ialah perempuan, orang sakit, anak kecil, musafir, dan orang yang sedang bersembunyi dari penguasa yang zalim.

Golongan yang disebutkan diatas tidak diwajibkan untuk sholat jum'at namun diwajibkan untuk sholat dzuhur. Tetapi jika dari golongan diatas mengerjakan sholat jum'at, maka sholatnya tetap sah dan kewajiban untuk sholat dzuhur digugurkan, hal ini pernah ada dizaman Rasulullah SAW yaitu sebagian muslimah mengikuti Sholat Jum'at di zaman itu.
Baca Juga : Penjelasan Tentang Sholat Beserta Tata Caranya [LENGKAP]

Niat Sholat Jum'at

Niat adalah sesuatu yang sudah ditetapkan didalam hati. Melafadzkan niat bukanlah salah satu syarat, berarti tidak harus melafadzkan dengan lisan, namun diwajibkan untuk meniatkan didalam hati untuk melakukan sholat jum'at. Menurut Syekh Mustofa Dieb Al-Bugho mengatakan bahwa sebagian ulama memperbolehkan untuk melafadzkan niat agar bisa berkonsentrasi dengan niatnya. Sedangkan menurut Syekh Wahbah Az-Zuhaili yaitu mensunnahkan melafadzkan niat.

Namun dalam madzhab Maliki yaitu tidak melafadzkan niat dikarenakan tidak dicontohkan dari Rasulullah SAW.

Berikut adalah lafadz niat Sholat Jum'at

Untuk Imam : 

Niat Sholat Jum'at Imam

Usholli fardhol jum'ati rok'ataini adaa'an imaaman lillahi ta'aala.

Artinya : "Niat saya sholat Jum'at dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

Untuk Makmum :

Niat Sholat Jum'at Makmum

Usholli fardhol jum'ati rok'ataini adaa'an ma'muuman lillahita'aala

Artinya : "Niat saya sholat Jum'at dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

Keutamaan Sholat Jum'at

Keutamaan Sholat Jum'at

Berikut adalah keutamaan sholat jum'at yang luar biasa : 

1. Mendapat Pahala Besar

Sholat Jum'at ini memiliki keutamaan yaitu mendapatkan pahala yang besar. Pahala ini senilai dengan pahala qurban yang disesuaikan dengan waktu kedatangan ke mesjidnya. Jadi semakin cepat seseorang datang ke mesjid maka pahalanya akan semakin besar. Sebagai mana HR. Bukhari dan Muslim

HR. Bukhari dan Muslim

Artinya : "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi jinabat, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berqurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada saat kedua maka dia seolah berqurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada saat ketiga maka dia seolah berqurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada saat keempat maka dia seolah berqurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada sat kelima maka dia seolah berqurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (menyampaikan khutbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Melakukan Sholat Jum'at Seperti Ibadah Satu Tahun

Menurut HR. Tirmidzi yang berbunyi : 

HR. Tirmidzi

Artinya : "“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat lalu ia bergegas pergi (ke masjid), mendapati khutbah mendengar dan memperhatikan, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi; shahih).

Dari hadist diatas sudah jelas bahwa setiap langkah kaki yang terhitung untuk sholat Jum'at di masjid seperti puasa dan shalat selama satu tahun.

3. Dapat Menghapus Dosa

Sholat Jum'at juga mempunyai keutamaan yaitu menghapus dosa, sebagaimana Hadist Riwayat Muslim yang berbunyi : 

HR. Muslim

Artinya : “Sholat lima waktu dan Jumat yang satu ke Jumat yang berikutnya dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim)

Itulah tadi keutamaan-keutamaan sholat jum'at yang luar biasa. Sekian artikel kali ini tentang Sholat Jum'at. Jika terdapat kesalahan kata atau kesalahan informasi silahkan berkomentar di kolom komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Saya harap artikel tentang Shlat Jum'at ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Agama Islam

Thanks for reading Keutamaan Sholat Jum'at Beserta Niat, dan Hukumnya. Please share...!

0 Comment for "Keutamaan Sholat Jum'at Beserta Niat, dan Hukumnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top