Tempat Untuk Belajar Secara Online

5 Rumus Penting Dalam Microsoft Excel

Rumus Excel - Siapa sih yang tidak tahu dengan Microsoft Excel ?. Pastinya orang-orang masa kini sudah tahu apa itu Microsoft Excel dan juga kebanyakan sudah familiar dengan software ini.

Rumus Excel

Sebelum membahas tentang Microsoft Excel, alangkah baiknya kalian harus mengetahui pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel itu sendiri. Silahkan kalian baca artikel dibawah ini.
Pengertian Microsoft Excel Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

5 Rumus Penting Microsoft Excel

Microsoft excel sendiri memiliki banyak rumus yang bisa digunakan, namun terdapat rumus-rumus yang sering digunakan oleh orang-orang. Berikut adalah rumus penting atau rumus yang sering digunakan oleh orang-orang dalam Microsoft Excel.

1. SUM

Rumus SUM di Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan beberapa data yang ada di Microsoft Excel. Penulisan rumusnya yaitu.

=SUM(nomor1, nomor2, nomor3, dan seterusnya)

 Pada number1, number2, number3, dan seterusnya itu adalah range dari data yang akan dijumlahkan. Contohnya, saya akan menjumlahkan kolom D3 sampai D8. Maka penulisannya yaitu :

=SUM(D3:D8)

Rumus SUM

2. AVERAGE

Rumus average pada excel berfungsi untuk mencari nilai rata-rata data yang terdapat pada kolom Microsoft Excel. Untuk mencari rata-rata data pada Microsoft Excel, gunakan rumus :

=AVERAGE(nomor1, nomor2, nomor3, dan seterusnya)

 Number 1 sampai seterusnya itu adalah kumpulan data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Contohnya ketika saya ingin mencari rata-rata kolom D3 sampai D8, maka saya akan menggunakan rumus :

=AVERAGE(D3:D8)

Rumus AVERAGE

3. MAX

Rumus MAX pada Microsoft Excel dipakai untuk mencari nilai yang paling besar atau tinggi di suatu data. Untuk menggunakan rumus MAX ditulis dengan :

=MAX(nomor1, nomor2, nomor3, dan seterusnya)

Nomor 1 sampai seterusnya adalah range data yang akan digunakan untuk mencari nilai tertingginya. Contohnya jika saya ingin mencari nilai tertinggi dari kolom D3 sampai D8, maka rumusnya adalah :

=MAX(D3:D8)

Rumus MAX

4. MIN

Rumus MIN adalah kebalikan dari MAX, digunakan untuk mencari nilai dari kumpulan data yang nilainya rendah. Penulisan rumusnya yaitu :

=MIN(nomor1, nomor2, nomor3, dan seterusnya)

Nomor 1 sampai seterusnya itu adalah kumpulan kolom yang akan dicari nilai paling kecil atau terendahnya. Contohnya saja jika saya ingin mencari data pada kolom D3 sampai D8, maka saya akan menulis seperti ini :

=MIN(D3:D8)

Rumus MIN

5. Count IF

Rumus Count IF digunakan untuk mencari berapa jumlah data pada suatu kumpulan data. Count IF ini dipakai ketika kita ingin mencari berapa jumlah barang yang ada di kumpulan data tersebut, misalnya saja saya ingin mencari berapa jumlah pulpen yang ada didalam kumpulan data, maka saya akan menulis rumus :

=COUNTIF(C3:C12;"Pulpen")

Rumus COUNTIF

Itulah beberapa rumus dasar dan penting ketika kita bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel. Mungkin rumus ini sulit untuk kalian tetapi jika kalian terus berlatih menggunakan rumus ini, pastinya kalian akan mudah dan terbiasa dengan rumus ini.

Sekian artikel kali ini tentang rumus excel, share artikel ini ke teman kalian supaya bisa bermanfaat bagi teman kalian. Saya harap artikel saya tentang rumus excel bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: TI

Thanks for reading 5 Rumus Penting Dalam Microsoft Excel. Please share...!

0 Comment for "5 Rumus Penting Dalam Microsoft Excel"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top