Tempat Untuk Belajar Secara Online

Keuangan Negara Dan Ruang Lingkupnya

Keuangan Negara - Di Indonesia ini pastinya mempunyai mata uang tersendiri dan juga mempunyai badan atau lembaga yang mengurus keuangan di Indonesia ini. Pada kali ini saya akan membahas tentang keuangan negara.

Keuangan Negara

Pengertian Keuangan Negara

Keuangan negara merupakan hak dan kewajiban negara yang bisa dinilai dengan uang, dan segala sesuatu baik seperti uang ataupun barang yang bisa dijadikan milik Negara yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban itu. Dalam penjelasan dari Undang - Undang (UU) No. 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara bahwa pendekatan yang digunakan dalam merumuskan keuangan negara adalah sisi objek, subjek, proses, & tujuan.

Yang dimaksud dengan keuangan negara dari sisi objek yaitu hak & kewajiban negara yang bisa dinilai dengan uang, dan kebijakan dalam kegiatan fiskal, pengelolaan kekayaan negara yang dipisahkan, dan moneter , dan segala sesuatu baik uang ataupun barang yang bisa dijadikan milik negara yang berhubungan dengan pelaksanaan & kewajiban tersebut.

Yang dimaksud keuangan negara dari sisi subjek yaitu seluruh subjek yang mempunyai objek, yaitu : pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan negara atau daerah, dan badan yang berkaitan dengan keuangan negara.

Yang dimaksud keuangan negara dari sisi proses yaitu mencakup setiap rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan objek sebagaimana yang disebutkan diatas, dimulai dari perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan hingga pertanggung jawaban.

Yang dimaksud keuangan negara dari sisi tujuan yaitu mencakup seluruh kegiatan dan hubungan hukum yang berhubungan dengan pemilikan atau penguasaan objek sebagaimana yang sudah disebutkan diatas.

Bidang pengelolaan keuangan negara bisa dikelompokkan ke dalam :
  • Sub bidang pengelolaan fisikal.
  • Sub bidang pengelolaan moneter.
  • Sub bidang pengelolaan kekayaan negara.
Pengelolaan keuangan sub bidang fiskal meliputi kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara mulai dari penetapan Arah dan Kebijakan Umum (AKU) sampai pengesahan PAN atau Perhitungan Anggaran Negara.

Pengelolaan keuangan sub bidang moneter berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan dalam sektor perbankan dan lalu lintas moneter baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Pengelolaan keuangan sub bidang kekayaan negara berhubungan dengan kebijakan di sektor BUMN/BUMD Badan Usaha Milik Negara/Daerah.
Baca Juga : Pengertian Sumpah Pemuda Beserta Tokoh, Makna dan Teksnya

Asas Umum Pengelolaan Keuangan Negara

Asas Umum Pengelolaan Keuangan Negara

Untuk mendukungnya terwujudnya mimpi yaitu good governance, pengelolaan keuangan negara ini harus diterapkan secara professional dan bertanggung jawab sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan di Undang-Undang Dasar 1945.

Aturan pokok dalam keuangan negara sudah dijabarkan ke asas-asas umum, berikut adalah asas-asas umum pengelolaan keuangan negara.
  • Asas Tahunan, yaitu membatasi masa berlakunya anggaran pada suatu tahun tertentu.
  • Asas Universalitas, yaitu mewajibkan agar setiap transaksi keuangan dapat ditampilkan dengan utuh dalam dokumen anggaran.
  • Asas Kesatuan, yaitu menghendaki supaya seluruh pendapatan dan pengeluaran negara bisa disajikan didalam satu dokumen anggaran.
  • Asas Spesialitas, yaitu mengharuskan supaya kredit anggaran bisa disediakan terperinci secara jelas.

Ruang Lingkup

Berikut adalah ruang lingkup keuangan negara :
  • Negara memiliki hak untuk memungut pajak, mengedarkan uang, mengeluarkan, dan melakukan pinjaman.
  • Kewajiban negara untuk melakukan tugas layanan umum pemerintahan dan membayar tagihan pihak ketiga.
  • Pengeluaran negara.
  • Penerimaan negara.
  • Pengeluaran daerah.
  • Penerimaan daerah.
  • Kekayaan negara atau daerah yang dikelola sendiri atau pihak lain yang berupa surat berharga, piutang, barang, uang, dan hak lain yang bisa dinilai dengan uang.
  • Kekayaan dari pihak lain yang dikuasai pemerintah dalam rangka menyelenggarakan tugas pemerintahan dan kepentingan umum.
  • Kekayaan dari pihak lain yang didapat dengan memakai fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah.
Itulah artikel tentang keuangan negara. Intinya adalah keuangan negara merupakan hak negara yang bisa dinilai dengan uang, baik itu uang atau barang yang bisa dijadikan milik negara. Sekian artikel kali ini. Share artikel ini ke teman kalian supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: PKN

Thanks for reading Keuangan Negara Dan Ruang Lingkupnya. Please share...!

0 Comment for "Keuangan Negara Dan Ruang Lingkupnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top