Tempat Untuk Belajar Secara Online

Pengertian Renang Beserta Gaya dan Peraturannya

Renang - Hampir semua orang di dunia maupun di Indonesia pastinya pernah mendengar kata renang ini. Renang ini olahraga yang sudah populer di dunia ini ataupun di Indonesia.
Renang
Pada kali ini saya akan membahas tentang renang, saya akan membahas mulai dari pengertiannya, gaya dan peraturan pada olahraga ini.

Pengertian Renang

Renang merupakan olahraga yang dilombakan kecepatan atlet dalam berenang. Beberapa gaya renang yang sering diperlombakan yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya dada. Atlet renang yang memenangkan perlombaan renang adalah atlet yang menyelesaikan jarak lintasannya yang tercepat. Biasanya renang terdapat beberapa babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final.

Federasi yang mengurus olahraga renang ini di dunia yaitu Federasi Renang Internasional (FINA). Sedangkan yang mengurus di Indonesia adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Gaya Renang

Gaya renang merupakan suatu cara untuk melakukan gerakan pada lengan dan tungkai yang bertujuan agar atlet bisa berenang maju di dalam air. Seseorang bisa berenang hanya menggunakan kedua kakinya namun kedua tangannya diam dan juga sebaliknya. 

Selain empat gaya renang yang sering dipertandingkan diatas, masih terdapat berbagai gaya renang yang lain. Dalam perlombaan renang terdapat istilah renang yaitu gaya ganti. Dalam perlombaan renang gaya ganti perorangan, atlet renang harus memulai berenangnya dengan gaya kupu-kupu, lalu gaya punggung, gaya dada, dan terakhir gaya bebas.

Berikut adalah beberapa gaya renang yang sering diperlombakan :

Gaya Dada

Renang Gaya Dada

Renang gaya dada ini merupakan gaya berenang yang posisi dadanya menghadap ke permukaan air lalu tubuhnya keadaan tetap.  Gaya dada ini meniru dengan gaya katak yang sedang berenang, sehingga gaya dada ini sering disebut dengan gaya katak. Gaya dada ini merupakan gaya yang sering dilakukan oleh orang-orang karena posisi tubuhnya bisa stabil dan kepalanya berada diluar air dengan lama yang memungkinkan bisa bernafas agak lama.

Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas ini adalah gerakan renang yang posisi dadanya menghadap ke permukaan air. Lalu kedua tangannya secara bergantian mengayuh ke depan dengan jarak yang jauh, sedangkan kakinya secara bergantian di cambukkan ke atas dan ke bawah. Ketika melakukan gaya ini, posisi wajah menghadap ke permukaan air lalu pernafasan dilakukan ketika lengan digerakkan keluar air dan posisi badan dimiringkan kemudian wajah nya berada diluar air. Gaya renang bebas ini bisa membuat seseorang berenang dengan cepat.

Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gerakan renang yang posisi punggungnya menghadap ke permukaan air. Gerakannya sama seperti gaya bebas namun posisinya saja yang berbeda, posisi gaya punggung ini yaitu punggung berada dibawah dan dada berada diatas seperti telentang. Posisi wajah berada diluar air sehingga bisa untuk bernafas dengan mudah. Pada saat perlombaan, start gaya punggung ini berbeda dengan gaya lainnya. Pada gaya punggung ini posisi startnya berada didalam air dengan atlet yang menghadap ke dinding, sedangkan kedua tangannya berpegangan pada besi pegangan.

Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu ini sering disebut dengan renang gaya lumba-lumba, karena gerakan renangnya hampir mirip seperti gerakan renang lumba-lumba. Gaya ini dilakukan dengan dada yang menghadap ke arah permukaan air, lalu lengan diayunkan di dalam air dari depan ke belakang. Gaya renang ini untuk pemula merupakan gaya yang sulit untuk dikuasai.
Baca Juga : Pengertian Softball Lengkap Beserta Peraturannya

Peraturan Perlombaan Renang

Berikut adalah beberapa peraturan renang yang harus dipahami :
  • Pada nomor renang semua gaya kecuali gaya punggung, atlet renang wajib melakukan start pada posisi diatas balok start. Posisi badan dibungukukkan ke arah air dan lutut sedikit ditekuk.
  • Pada nomor gaya punggung, posisi startnya berada didalam air lalu posisi badan menghadap kearah dinding. Posisi start pada gaya punggung juga digunakan pada atlet renang pertama dalam gaya ganti estafet.
  • Wasit start memanggil para atlet renang dengan tiupan peluit yang panjang untuk naik ke atas balok start. Atlet renang berada pada posisi start setelah diberikan aba-aba siap oleh wasit. Start dinyatakan tidak sah apabila atlet renang meloncat dari balok sebelum diberikan aba-aba.

Nomor Perlombaan Renang

Terdapat beberapa nomor yang diperlombakan dalam renang, berikut adalah nomor-nomornya :
  • Gaya bebas : 50m, 100m, 200m, 400m, 800m (putri), 1500m (putra) 
  • Gaya kupu-kupu : 100m, 200m
  • Gaya punggung : 100m, 200m
  • Gaya dada : 100m, 200m
  • Gaya ganti perorangan : 200m, 400m
  • Gaya ganti estafet : 4 x 100m
  • Gaya bebas estafet : 4 x 100m, 4 x 200m
  • Marathon : 10km
Itulah tadi penjelasan tentang renang. Sekian artikel singkat tentang renang ini. Bagikan artikel ini ke teman kalian supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel tentang renang ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Olahraga

Thanks for reading Pengertian Renang Beserta Gaya dan Peraturannya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Renang Beserta Gaya dan Peraturannya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top