Tempat Untuk Belajar Secara Online

Pengertian Sumpah Pemuda Beserta Tokoh, Makna dan Teksnya

Sumpah Pemuda – Di Indonesia ini memiliki banyak sejarah yang harus di kenang dan dipelajari, contohnya saja sumpah pemuda. Materi sumpah pemuda ini berada pada pelajaran PKN atau Sejarah di sekolah-sekolah pada umumnya.

Sumpah Pemuda

Pada kali ini admin akan menjelaskan tentang sumpah pemuda, admin akan menjelaskan mulai dari pengertian sumpah pemuda, tokohnya, maknanya, dan teksnya.

Pengertian Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda merupakan salah satu dari sejarah dalam pergerakan kemerdekaan negara Indonesia. Ikrar sumpah pemuda ini sudah dianggap sebagai suatu semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia.

Yang dimaksut “Sumpah Pemuda” yaitu keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan selama dua hari pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Sekarang namanya Jakarta).  Keputusan ini ditujukan untuk menegaskan cita-cita bahwa akan ada “bangsa Indonesia” dan ”tanah air Indonesia”. Sumpah pemuda ini juga diharapkan agar menjadi asas untuk setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan diharapkan untuk disiarkan dalam setiap surat kabar dan dibacakan pada muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

Istilah sumpah pemuda tidak muncul pada putusan kongres itu, namun diberikan setelah keputusan itu. Rumusan sumpah pemuda ditulis oleh Muhammad Yamin di kertas yang diberikan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario sedang berpidato di akhir kongres. Sumpah pemuda itu awalnya dibacakan oleh Soegondo lalu kemudian dijelaskan oleh Muhammad Yamin.

Tokoh Sumpah Pemuda

Berikut adalah tokoh pada kongres pemuda atau tokoh sumpah pemuda.

Ketua : Soegondo Djojopoespito
Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid
Sekretaris : Mohammad Yamin
Bendahara : Amir Sjarifuddin
Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai
Pembantu II : R. Katja Soengkana
Pembantu III : Senduk
Pembantu IV : Johanes Leimena
Pembantu V : Rochjani Soe’oed
Baca Juga : Pengertian Nasionalisme Beserta Ciri-Ciri, Bentuk, Makna, dan Contohnya

Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda

Berikut adalah beberapa makna yang bisa kita ambil sebagai suatu pelajaran

Memberikan penekanan supaya dapat menghargai perjuangan Indonesia

Munculnya sumpah pemuda ini merupakan suatu titik awal dimulainya suatu perjuangan Indonesia untuk menggapai kemerdekaan dari penjajah. Titik awal perjuangan ini bukanlah langkah yang main-main. Perlu diketahui sumpah pemuda ini muncul beberapa puluh tahun sebelum Indonesia merdeka, para pemuda pada saat itu rela untuk berkorban tenaga, waktu, pemikiran, dan moral untuk mempersatukan bangsa Indonesia

Jika sumpah pemuda ini tidak muncul, mungkin saja bangsa Indonesia saat ini masih dijajah oleh penjajah, kemerdekaan ini juga berkat dari perjuangan para pemuda saat itu. Walaupun para pemuda saat itu tidak mati ketika perang, tetapi mereka layak untuk disebut sebagai pahlawan karena berani untuk menjaga Indonesia sehingga Indonesia bisa seperti ini yang memiliki pemerintahan yang berdaulat.

Memberikan semangat untuk berjuang

Sumpah pemuda yang muncul dengan semangat berkobar-kobar oleh para pemuda saat itu memberikan semangat yang luar biasa kepada para generasi penerus khususnya kepada pelajar. Semangat yang luar biasa ini ditunjukkan dari sumpah pemuda ini dapat menjadi contoh untuk pelajar supaya semangat dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Memberikan suatu makna untuk mencintai tanah air

Kemerdekaan Indonesia ini dicapai bukan dari belas kasihan negara lain, namun dari perjuangan para pahlawan termasuk juga para pemuda Indonesia. Pada masa perjuangan, para pemuda yang gugur jumlahnya tidak dapat dihitung lain, perjuangan para pemuda pada saat itu merupakan cerminan dari rasa cintanya kepada tanah air.

Memberikan penekanan supaya kita bangga menjadi bagian dari negara Indonesia

Para pemuda pada saat itu memiliki rasa bangga tersendiri kepada bangsa Indonesia. Bisa dilihat dari para pemuda pada saat mengikrarkan sumpah pemuda ini. Namun mirisnya di zaman sekarang ini banyak pemuda yang merasa tidak memiliki kebanggaan terhadap bangsa Indonesia. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa kebanyakan para pemuda zaman sekarang ini tidak memiliki rasa bangga kepada Indonesia, misalnya saja seperti membacakan ikrar sumpah pemuda dengan bercanda atau tidak sungguh-sungguh, seharusnya kita sebagai pemuda harus semangat dalam membacakan ikrar sumpah pemuda ini dan bangga menjadi bagian bangsa Indonesia.

Memberikan penekanan supaya kita mencintai dan bangga untuk menggunakan bahasa Indonesia

Sejak sumpah pemuda ini diikrarkan, maka bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan oleh rakyat Indonesia untuk berkomunikasi antar satu sama lain, baik dari agama yang sama maupun agama yang berbeda, baik dari suku yang sama maupun suku yang berbeda. Bahasa Indonesia juga sudah ditetapkan oleh Indonesia sebagai bahasa resmi negara Indonesia. Tetapi seiringnya perkembangan zaman, bahasa Indonesia ini mulai tergeserkan oleh bahasa lain, misalnya saja bahasa Inggris.

Teks Sumpah Pemuda

Berikut adalah isi sumpah pemuda versi bahasa zaman dulu dan sekarang.

Versi bahasa zaman dulu

Pertama
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia
Kedua
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
Ketiga
Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

Versi bahasa sekarang

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia 
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Itulah teks sumpah pemuda yang dibacakan ketika kongres muda dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Intinya adalah kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia harus bangga sebagai bagian dari Indonesia dan harus bersatu supaya bangsa Indonesia tetap maju. Sekian artikel kali ini tentang sumpah pemuda. Share artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Semoga artikel sumpah pemuda ini bisa bermanfaat bagi kalian.
Labels: PKN

Thanks for reading Pengertian Sumpah Pemuda Beserta Tokoh, Makna dan Teksnya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Sumpah Pemuda Beserta Tokoh, Makna dan Teksnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top