Tempat Untuk Belajar Secara Online

Pengertian Narasi Beserta Tujuan, Ciri – Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Narasi - Hampir seluruh pelajar di Indonesia pastinya pernah mendengar kata narasi, namun ada beberapa pelajar yang pernah mendengarnya tetapi mereka belom memahami apa itu narasi. Padahal narasi ini sering sekali dijelaskan oleh guru disekolah.

Narasi

Pada kali ini saya akan membahas tentang narasi, saya akan membahas mulai dari pengertian narasi, tujuan, ciri-ciri, jenis, struktur, dan contohnya.

Pengertian Narasi

Narasi merupakan salah satu dari jenis pengembangan paragraf didalam suatu tulisan susunan peristiwa dari masa ke masa atau waktu ke waktu yang diulas menggunakan urutan awal, urutan tengah, dan urutan akhir. Narasi juga merupakan suatu paragraf yang dibuat yang tujuannya adalah untuk memberikan suatu hiburan atau pengalaman kepada para pembaca.

Narasi bisa berupa fiksi dan juga non fiksi. Narasi bisa ditemui di karya-karya seperti biografi, novel, cerpen, dan sebagainya.

Tujuan Menulis Narasi

Berikut adalah tujuan dalam menulis narasi
  • Dapat memberikan sebuah informasi dan dapat memperluas pengetahuan
  • Dapat memberikan sebuah pengalaman estetis kepada para pembaca

Ciri - Ciri Narasi

Terdapat beberapa ciri-ciri narasi dari beberapa ahli

Ciri Narasi Menurut Gorys Keraf (2000:136)

  • Menonjolkan atau menimbulkan unsur tindakan
  • Dirangkai dengan urutan waktu
  • Berusaha untuk menjawab pertanyaan "Apa yang terjadi ?"
  • Adanya konflik

Ciri Narasi Menurut Atar Semi (2003:31)

  • Berupa cerita tentang pengalaman si penulis
  • Kejadian yang disampaikan berupa peristiwa yang benar terjadi, bisa juga berupa semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya
  • Mempunyai nilai estetika
  • Berdasarkan konflik, karena jika tidak ada konflik umumnya narasi tidak menarik
  • Menekankan susunan atau rangkaian secara kronologis
Walaupun ciri-ciri ini dari ahli yang berbeda, namun terdapat kesamaan diantara kedua ciri-ciri ini, kesamaannya yaitu bahwa narasi itu mempunyai ciri yang berisi tentang suatu cerita, menekankan susunan kronologisnya dan terdapat konflik.
Baca Juga : 5 Cerita Rakyat Yang Bagus Untuk Tugas Sekolah Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

Jenis Narasi

Jenis Narasi

Berikut adalah jenis narasi yang harus kalian pahami

Narasi Informatif

Narasi informatif ialah narasi yang mempunyai tujuan penyampaian informasi dengan tepat tentang sebuah peristiwa yang memiliki tujuan untuk memperluas pengetahuan para pembaca tentang cerita seseorang.

Narasi Ekspositorik

Narasi ekspositorik ialah narasi yang mempunyai tujuan penyampaian informasi dengan tepat tentang sebuah peristiwa yang bertujuan untuk memperluas wawasan seseorang tentang cerita seseorang.  Pada jenis narasi ini, penulis mengisahkan sebuah peristiwa menurut dengan data yang sebenarnya. Pelaku yang ditimbulkan umumnya satu orang. Pelaku dikisahkan mulai dari kecil sampai waktu terakhir di dalam kehidupannya.

Narasi Artistik

Narasi artistik ialah jenis narasi yang berusaha untuk menyampaikan suatu maksud yang tertentu, atau mengucapkan suatu amanat terselubung untuk para pembaca hingga seperti pembaca tersebut seakan-akan melihatnya. Ketentuan ini berhubungan dengan pemakaian bahasa yang logis, menurut fakta yang ada, dan tidak memasukkan sifat objektif atau subjektif.

Narasi Sugestif

Narasi sugestif ialah jenis narasi yang berusaha untuk menyampaikan suatu maksud tertentu, mengucapkan suatu amanat terselubung untuk pembaca hingga pembaca tersebut tampak seakan-akan melihat.

Struktur Narasi

Berikut adalah struktur narasi yang harus kalian pahami
  • Pengenalan, adalah bagian yang berisi mengenai pengenalan tokoh, latar, dan lainnya.
  • Awal Pertikaian, adalah bagian yang berisi tentang awal konflik atau awal dari permasalahan yang berada pada narasi.
  • Klimaks atau Puncak Pertikaian, adalah bagian yang berisi mengenai ilustrasi dari konflik utama atau dari sebuah inti cerita.
  • Antiklimaks atau Penyelesaian, adalah bagian yang berisi mengenai penyelesaian dari suatu permasalahan yang terjadi dalam cerita dan bagian ini menandakan akhir dari cerita tersebut.

Contoh Narasi Singkat

Berikut adalah contoh narasi singkat yang bagus untuk tugas sekolah kalian

Pahlawan
Di sebuah kota, hiduplah seorang yang bernama Beni. Ia bermimpi ingin menjadi seorang pahlawan yang gagah dan berani. Pada suatu hari ia menolong seorang wanita yang akan dirampok oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat itu tetapi pada akhirnya ia bisa mengalahkan penjahat itu. Karena hal tersebut ia semakin bersemangat untuk menjadi seorang pahlawan, ia berlatih dengan keras setiap harinya. Dan akhirnya ia bisa menjadi orang gagah dan sangat kuat.

Itulah tadi penjelasan mengenai narasi, intinya narasi adalah suatu paragraf yang berisi mengenai suatu cerita. Sekian artikel kali ini tentang narasi. Share atau bagikan artikel ini ke teman kalian supaya bisa bermanfaat bagi teman kalian. Semoga artikel tentang narasi ini bisa bermanfaat bagi kalian.
Labels: Bahasa Indonesia

Thanks for reading Pengertian Narasi Beserta Tujuan, Ciri – Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Narasi Beserta Tujuan, Ciri – Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top