Tempat Untuk Belajar Secara Online

Apa itu Tari Saman ? Berikut Adalah Penjelasannya

Tari Saman - Siapa sih yang tidak tau tari saman ?. Tarian ini adalah tarian tradisional yang berasal dari Aceh dan sudah terkenal di Indonesia. Banyak acara yang menyelenggarakan tari saman ini, misalnya saja seperti acara nikahan atau acara sunatan.

Pada kali ini admin Mafia Sekolah akan menjelaskan tentang tari saman ini. Admin akan menjelaskan mulai dari pengertian, fungsinya, gerakannya, dan jumlah penarinya.

Tari Saman

Tari Saman ?

Tari Saman merupakan salah satu tarian yang berasal dari Aceh tepatnya berasal dari Suku Gayo yang berada di Aceh. Tari saman ini biasanya diselenggarakan untuk merayakan suatu peristiwa penting yang terjadi didalam adat suku tersebut. Tarian ini juga sering diselenggarakan untuk merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada beberapa pendapat bahwa tari saman ini dibuat dan dikembangkan oleh seorang ulama asal Gayo yaitu Syekh Saman.

Tari saman ini dalam melakukannya biasanya tidak menggunakan alat musik. Namun suara yang ada di tari saman ini keluar dari suara tepukkan tangan dari sang penari. Dari suara tepukkan tangan sang penari dan suara nyanyian sang penari maka akan terjadi suara yang sangat unik dan bagus untuk didengar, hal ini lah yang membuat tari saman banyak disukai oleh orang di Indonesia, bukan hanya orang Indonesia tetapi orang asing pun juga banyak yang menyukainya.

Fungsi Tari Saman

Tari saman ini memiliki fungsi sebagai media untuk mengungkapkan suatu pesan atau bisa menjadi media untuk berdakwah. Tari saman ini memiliki kandungan yang terdapat pada tarian dan nyanyiannya yaitu seperti pendidikan, keagamaan, kepahlawanan, kekompakkan, dan kebersamaan.

Dan juga tari saman ini dapat menyehatkan tubuh karena gerakannya yang dapat membuat penarinya berkeringat.
Baca Juga : Pengertian Musik Klasik Beserta Tokoh dan Contohnya

Gerakan Tari Saman

Ketika seorang penari saman sedang melakukan tarian, posisi yang dilakukan oleh sang penari adalah dengan duduk berlutut yang berat badannya ditekankan kepada kedua kaki. Tari saman ini mempunyai gerakan yang berfungsi sebagai gerakan dan juga musik, gerakan tersebut adalah gerakan tangan, berikut adalah macam-macam gerakan tangan.
  • Cilok, adalah gerakan yang ujung jari telunjuknya seakan-akan sedang mengambil sebuah benda yang ringan.
  • Cerkop, adalah gerakan yang kedua tangannya berhimpitan dan searah.
  • Tepok, adalah gerakan yang dilakukan pada berbagai posisi, misalkan posisi yang horizontal atau baling-baling.
Tari saman juga mempunyai gerakan kepala, berikut adalah macam-macamnya.
  • Girek, adalah gerakan kepala yang berputar.
  • Anguk, adalah gerakan kepala yang mengangguk.

Jumlah Penari Tari Saman

Biasanya tari saman ini dilakukan oleh belasan aatau puluhan orang, namun jumlah penarinya harus ganjil. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa tarian ini dilakukan oleh kurang lebih 10 orang, dengan 8 penari dan 2 orang yang bertugas sebagai pemberi aba-aba. Tetapi pada zaman ini bahwa suatu tarian saman akan semakin bagus jika dilakukan oleh penari yang jumlahnya lebih banyak. Terdapat satu penari yang bertugas untuk mengatur berbagai gerakannya atau pemimpin, biasanya pemimpin tersebut disebut dengan syekh. Syekh selain bertugas untuk mengatur gerakan tetapi juga bertugas untuk menyanyikan syair lagu saman.

Sekian artikel kali ini tentang Tari Saman. Intinya adalah tari saman merupakan tarian tradisional yang berasal dari Suku Gayo yang terdapat di Aceh dan juga sudah terkenal di seluruh Nusantara. Dan juga memiliki keunikan yaitu tidak menggunakan alat musik sebagai musiknya namun menggunakan tepukkan tangan penari sebagai musiknya.

Bagikan artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel kali ini tentang Tari Saman bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Seni Budaya

Thanks for reading Apa itu Tari Saman ? Berikut Adalah Penjelasannya. Please share...!

0 Comment for "Apa itu Tari Saman ? Berikut Adalah Penjelasannya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top