Tempat Untuk Belajar Secara Online

Penjelasan Tentang Sholat Beserta Tata Caranya [LENGKAP]

Sholat - Merupakan suatu perkara yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Sholat juga termasuk salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat islam. Namun untuk sholat yang memiliki kewajiban tersebut itu biasanya disebut dengan sholat fardhu atau sholat 5 waktu.

Sholat fardhu ini hanya ada 5 macamnya yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, isya, 5 macam sholat itu adalah sholat yang wajib dikerjakan untuk semua umat islam yang ada di dunia, karena jika tidak mengerjakan 5 sholat tersebut akan mendapatkan dosa. Dan juga ada sholat sunnah yang jika dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa, sholat sunnah ini banyak sekali macamnya.

Sholat

Berikut admin akan menjelaskan pengertian sholat, macam-macam sholat, bacaan niat sholat, syarat sah sholat, rukun sholat, sunnah dalam sholat, hal yang membatalkan sholat dan tata cara sholat yang baik dan benar.

Pengertian Sholat

Sholat menurut istilah yaitu suatu bentuk ibadah yang menghadapkan hati kepada Allah Swt dengan berbentuk beberapa ucapan dan perbuatan. Yang ucapan dan perbuatan itu diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam dan juga harus dilakukan dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan. Hukum mengerjakan sholat fardhu atau sholat wajib yang sudah baligh adalah wajib. Dan juga sholat ini memiliki banyak manfaat contohnya saja seseorang yang selalu melaksanakan sholat akan selalu dengan dengan Allah Swt dan juga badannya akan sehat karena banyak para ilmuwan bahwa sholat ini bagus untuk kesehatan, sungguh luar biasa sholat ini.

Dan juga sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, sebagaimana firman Allah Swt di surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya "Kerjakanlah sholat, sesungguhnya sholat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar" dari ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa sholat bisa mencegah kita untuk berbuat maksiat atau kemungkaran yang dapat merugikan diri kita sendiri. 

Dan juga Allah Swt memerintahkan kita untuk sholat, sebagaimana firman Allah Swt di surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya "Dirikanlah sholat dan keluarkanlah zakat, serta tunduklah (rukuklah) bersama orang-orang yang ruku"

Perintah sholat ini bukan hanya untuk manusia yang sudah baligh, namun yang masih kanak-kanak disuruh oleh Rasulullah SAW untuk belajar sholat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi "Perintahkanlah anak-anak kalian mengerjakan sholat di saat usia mereka meningkat tujuh tahun, dan pukullah diwaktu mereka meningkat sepuluh tahun" (HR. Abu Dawud).

Macam - Macam Sholat dan Bacaan Niatnya

Sholat ini dibagi menjadi dua yaitu sholat fardhu atau sholat wajib dan sholat sunnah.

1. Sholat Fardhu

Adalah sholat yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim di dunia. Sholat fardhu memiliki 5 macam yaitu :

- Sholat Subuh
Berikut adalah niat sholat subuh.

أصلي فرض الصبح ركعتين مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Usholli fardhus subhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an (sholat sendiri) / ma'muuman (sholat berjamaah menjadi ma'mum) / imaaman (sholat berjamaah menjadi imam) lillahita'aala.

Artinya : "Saya niat sholat fardhu subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala / ma'mum karena Allah ta'aala / imam karena Allah ta'aala".

- Sholat Dzuhur
Berikut adalah niat sholat dzuhur.

أصلي فرض الظهر أربع ركعات مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Usholli fardhu dzuhri arba'a roka'atin mustaqbilal qiblati adaa'an (sholat sendiri) / ma'muman (sholat berjamaah menjadi ma'mum) / imaaman (sholat berjamaah menjadi imam) lillahi ta'aala.

Artinya : "Saya niat sholat fardhu dzuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala / ma'mum karena Allah ta'aala / imam karena Allah ta'aala".

- Sholat Ashar
Berikut adalah niat sholat ashar.

أصلي فرض العصر أربع ركعات مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Usholli fardhol ashri arba'a roka'atin mustaqbilal qiblati adaa'an (sholat sendiri) / ma'muman (sholat berjamaah menjadi ma'mum) / imaaman (sholat berjamaah menjadi imam) lillahi ta'aala.

Artinya : "Saya sholat fardhu ashar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala / ma'mum karena Allah ta'aala / imam karena Allah ta'aala".

- Sholat Magrib
Berikut adalah niat sholat magrib.

أصلي فرض المغرب ثلاث ركعات مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Usholli fardhol maghribi tsalaatsa roka'atin mustaqbilal qiblati adaa'an (sholat sendiri) / ma'muuman (sholat berjamaah ma'mum) / imaaman (sholat berjamaan imam) lillahita'aala.

Artinya : "Saya niat sholat fardhu magrib tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala / ma'mum karena Allah ta'aala / imam karena Allah ta'aala".

- Sholat Isya
Berikut adalah niat sholat isya.

أصلي فرض العشاء أربع ركعات مستقبل القبلة أداء/مأموما/إماما لله تعالى

Usholli fardhol isya'i arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (sholat sendiri) / ma'muman (sholat berjamaah ma'mum) / imaaman (sholat berjamaah imam) lillahita'aala.

Artinya : "Saya niat sholat fardhu isya empat rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala / ma'mum karena Allah ta'aala / imam karena Allah ta'aala".

2. Sholat Sunnah

Sholat sunnah adalah sholat yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Sholat ini banyak macamnya, berikut adalah macam sholat sunnah beserta dengan niat sholatnya.

- Sholat Dhuha
Sholat dhuha adalah sholat yang dilakukan ketika matahari baru naik, jumlah rakaat sholat dhuha ini minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Berikut adalah niat sholat dhuha.

Usholli sunnatal dhuha rak'ataini mustaqbilal qiblati ada'an lillahi ta'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala"

- Sholat Tahiyatul Masjid
Adalah sholat yang dilakukan di masjid, sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat. Berikut adalah niat sholat tahiyatul masjid.

Usholli sunnatal tahiyatul masjidi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillahita'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah tahiyatul masjid dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala"

- Sholat Tahajud
Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada sepertiga malam. Sholat tahajud ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimalnya berapa saja. Banyak keutamaan dari sholat tahajud ini dan juga sholat ini sangat susah untuk dikerjakan karena sholat ini dikerjakan pada sepertiga malam. Berikut adalah niat sholat tahajud.

Usholli sunnatal tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillahita'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala"

- Sholat Sunah Rawatib
Adalah sholat sunah yang dilakukan mengiringi sholat fardhu atau sholat wajib. Sholat sunah rawatib dibagi menjadi dua yaitu qobliyah dan ba'diyah. Qobliyah adalah sholat sunah rawatib yang dikerjakan sebelum sholat fardhu dan ba'diyah yang dikerjakan setelah sholat fardhu. Untuk sholat sunah rawatib qobliyah bisa dikerjakan di semua sholat fardhu namun untuk sholat rawatib ba'diyah hanya boleh dikerjakan ketika waktu dzuhur, magrib, dan isya. Berikut adalah niat sholat rawatib qobliyah dan ba'diyah.

Qobliyah

Usholli sunnatal isya'i rak'ataini qibliyyatan lillahita'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah sebelum isya dua rakaat karena Allah ta'aala"

Ba'diyah

Usholli sunnatal isya'i rak'ataini ba'diyatan lillahita'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah sesudah isya dua rakaat karena Allah ta'aala"

- Sholat Sunah Hajat
Sholat sunah hajat yaitu sholat sunah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah supaya hajat seseorang itu dikabulkan oleh Allah Swt. Sholat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimalnya 12 rakaat dengan salam disetiap 2 rakaatnya. Berikut adalah niat sholat sunah hajat.

Usholli sunnatal haajati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillahita'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah hajat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'aala"

- Sholat Sunah Istikharah
Adalah sholat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah yang baik jika sedang mengalami dua pilihan yang berat. Sholat ini dikerjakan 2 rakaat dan sebaiknya dikerjakan pada malam hari. Berikut adalah niat sholat istikharah.

Usholli sunnatal istikharah rak'ataini lillahi ta'aala

Artinya : "Saya niat sholat sunah istikharah dua rakaat karena Allah ta'aala"

Dan masih banyak lagi sholat sunah yang belum saya sebutkan
Baca Juga : Keutamaan Sholat Subuh Beserta Niat dan Cara Melakukannya

Syarat Sah Sholat

Syarat Sah Sholat

Syarat sah sholat adalah suatu hal yang menyebabkan sholatnya seseorang itu sah. Jika semua syarat sudah terpenuhi maka sholat nya tersebut sah, namun masalah sholat diterima atau tidaknya itu urusan Allah Swt.

Berikut adalah syarat sah sholat yang harus kalian ketahui
  • Islam
  • Baligh
  • Suci dari hadast kecil dan besar
  • Suci dari najis (badan, pakaian dan tempat yang digunakan)
  • Menutup aurat, untuk laki-laki auratnya dari pusar sampai lutut sedangkan untuk wanita adalah seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan
  • Sudah masuk waktu sholat
  • Menghadap ke arah kiblat
  • Mengetahui mana yang rukun sholat dan mana yang sunah sholat

Rukun dan Sunah Sholat

Rukun dan sunah sholat harus kalian ketahui karena hal ini menjadi syarat sahnya sholat yaitu mengetahui mana yang rukun dan mana yang sunah. Rukun adalah suatu perkara yang jika dikerjakan mendapatkan pahala tapi jika tidak dikerjakan mendapat dosa, sedangkan sunah adalah suatu perkara yang jika dikerjakan mendapatkan pahala tapi jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. 

Rukun Sholat

  1. Niat
  2. Takbiratul Ikhram
  3. Berdiri tegak bagi yang mampu (diperbolehkan duduk bagi yang sedang sakit atau yang tidak mampu)
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Rukuk dengan thuma'ninah
  6. I'tidal dengan thuma'ninah
  7. Sujud dua kali dengan thuma'ninah
  8. Duduk diantara dua sujud dengan thuma'ninah
  9. Duduk tasyahud akhir dengan thuma'ninah
  10. Membaca tasyahud akhir dengan thuma'ninah
  11. Membaca sholawat kepada nabi ketika tasyahud akhir
  12. Mengucap salam yang pertama
  13. Tertib, maksutnya adalah melakukan semua rukun sholatnya harus berurutan.
*Thuma'ninah = berhenti sejenak

Sunah Sholat

Dalam sunah sholat terbagi menjadi dua yaitu sunah ab'ad dan sunah hai'at, berikut adalah sunah-sunahnya.

- Sunah Ab'ad
  • Membaca tasyahud awal
  • Membaca sholawat nabi ketika tasyahud awal
  • Membaca sholawat kepada keluarga nabi pada tasyahud akhir
  • Membaca doa qunut ketika sholat subuh pada rakaat kedua sholat subuh
- Sunah Hai'at
  • Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ikhram, ketika ingin rukuk, ketika bangun dari rukuk, dan disaat berdiri setelah tasyahud awal
  • Menaruh telapak tangan kanan diatas pergelangan tangan kiri disaat berdiri setelah takbiratul ikhram
  • Membaca doa iftitah sebelum membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca ta'awudz disaat ingin membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat Al-Qur'an di rakaat pertama dan kedua ketika selesai membaca surat Al-Fatihah
  • Mengeraskan bacaan surat Al-Fatihah dan surat yang dibaca ketika rakaat pertama dan kedua di sholat subuh, magrib, dan isya
  • Membaca takbir ketika perpindahan rukun sholat
  • Membaca tasbih ketika rukuk dan sujud
  • Membaca "Sami'allahu liman hamidah" ketika bangun dari rukuk dan membaca doa i'tidal ketika i'tidal
  • Meletakkan telapak tangan diatas paha disaat duduk tasyahud awal dan akhir
  • Duduk iftirosy di semua duduk dalam sholat
  • Duduk tawaruk ketika tasyahud akhir
  • Membaca salam yang kedua
  • Memalingkan muka ke kanan dan kiri ketika salam yang pertama dan yang kedua

Hal Yang Membatalkan Sholat

Sholat menjadi batal ketika salah satu rukun sholat atau syarat sholat yang tadi dijelaskan tidak terpenuhi, maka sholat tersebut akan menjadi batal. Tetapi ada juga hal yang membuat sholat menjadi batal, berikut adalah hal yang membatalkan sholat.
  • Berhadast, maksutnya jika wudhu seseorang ketika sholat batal, otomatis sholat seseorang tersebut menjadi batal.
  • Tersentuh dengan najis
  • Mengeluarkan kata-kata selain bacaan sholat dengan sengaja
  • Terbukanya aurat
  • Mengubah niat
  • Makan atau minum walaupun makanan atau minuman tersebut dalam jumlah yang sedikit
  • Menggerakan badan yang diluar gerakan sholat sebanyak 3 kali berturut-turut
  • Tertawa terbahak-bahak
  • Mendahului gerakan imam ketika sholat berjamaah

Tata Cara Sholat

Berikut adalah tata cara sholat yang baik dari awal sampai akhir

Tata Cara Sholat

Niat

Langkah pertama adalah niat, sebelum melaksanakan sholat sebaiknya kita niatkan dahulu sholatnya.

Takbiratul Ikhram

Lalu angkat tangan sambil takbir dengan mengucap lafadz Allahu Akbar

Doa Iftitah

Setelah takbiratul ikhram dilanjutkan dengan membaca doa iftitah, berikut adalah bacaan doa iftitah.

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Allahu akbar kabiroo walhamdulillahi katsiroo wasubhaanallahi bukrota wa'ashiilaa

Artinya : "Allah Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya. Segala Puji Bagi Allah, Pujian Yang Sebanyak-Banyaknya. Dan Maha Suci Allah Sepanjang Pagi Dan Petang."

اِنِّيْ وَجَّحْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَلْاَرْضَ حَنِيْفًامُّسْلِمًا وَمَااَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathorossamawaati wal ardho haniifammuslimaa wamaa anaa minal musyrikiin

Artinya : "Kuhadapkan wajahku (hatiku) kepada tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin."

اِنَّ صَلاَ تِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ , لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذَالِكَ أُمِرْتُ وَاَنَا مِنَالْمُسْلِمِيْنَ

Inna sholaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillahirobbil 'aalamiin , laa syariikalahu wabidzaa lika umirtu wa anaa minal muslimiin

Artinya : "Sesungguhnya Shalatku, Ibadahku, Hidupku Dan Matiku Semuanya Untuk Allah, Penguasa Alam Semesta. Tidak Ada Sekutu Bagi-Nya Dan Dengan Demikianlah Aku Diperintahkan Dan Aku Termasuk Orang-Orang Muslim"

Al-Fatihah

Kemudian lanjut dengan membaca surat Al-Fatihah

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ 
ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ
ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
مَٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ
إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ
ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ
صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Yang menguasai di Hari Pembalasan
Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan
Tunjukilah kami jalan yang lurus
(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat

Surat Al-Qur'an

Setelah membaca Al-Fatihah, selanjutnya membaca surat-surat atau ayat-ayat yang ada di Al-Qur'an.

Rukuk

Setelah membaca surat Al-Qur'an, selanjutnya takbir lalu rukuk, berikut adalah doa rukuk.

xسُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ 3

Subhaana robbiyal 'azhiimi wabihamdih

Artinya : "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya"

I'tidal

Kemudian berdiri dari rukuk sambil mengucap 

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه

Sami'allahu liman hamidah

Artinya : "Allah mendengar orang yang memuji-Nya"

Kemudian berdiri dan membaca doa i'tidal

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ الاَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Artinya : "Ya Allah ya Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudah itu"

Sujud

Setelah i'tidal kemudian sujud sambil takbiratul ikhram lagi dan ketika sujud membaca doa sujud yaitu 

xسُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ3

Subhaana robbiyal a'laa wabihamdih

Artinya : "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi, dan dengan segala puji bagi-Nya"

Duduk diantara dua sujud

Selanjutnya bangun dari sujud lalu duduk diantara dua sujud dan ketika duduk diantara dua sujud baca doa :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah aku, angkatlah derajatku, berikanlah rejeki kepadaku, berikanlah petunjuk kepadaku, berilah kesehatan kepadaku dan ampunilah aku."

Setelah itu kembali sujud lalu setelah sujud bangun berdiri dan kembali lagi membaca Al-Fatihah dan seterusnya. Ketika sujud terakhir rakaat 2, jangan berdiri terlebih dahulu tetapi duduk tahiyat awal dahulu, namun untuk sholat yang hanya 2 rakaat ketika rakaat dua langsung duduk tahiyat akhir.

Tahiyat Awal

Berikut adalah doa tahihat awal

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلهِ . اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ . اَلسَّلاَ مُ عَلَيْنَاوَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ . اَشْهَدُاَنْ لآاِلَهَ اِلاَّ اللهُ . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَّسُوْلُ اللهِ . اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ

Attahiyyatul mubaarokatus sholawaatut thoyyibaatulillah . Assalamu'alaika ayyuhannabiyyu warohmatullahi wabarokaatuh . Assalaamu'alainaa wa'alaa 'ibaa dillahisshoolihiin . Asyhadu allaa ilaha illallahu . Wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah . Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammad

Artinya : "Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad."

Kemudian untuk rakaat 3 yang sholatnya 4 rakaat seperti sholat dzuhur, ashar dan isya itu seperti rakaat 1, tetapi untuk sholat magrib yang 3 rakaat itu pada saat rakaat 3 langsung tahiyat akhir.

Tahiyat Akhir

Berikut adalah doa tahiyat akhir

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلهِ . اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ . اَلسَّلاَ مُ عَلَيْنَاوَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ . اَشْهَدُاَنْ لآاِلَهَ اِلاَّ اللهُ . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَّسُوْلُ اللهِ . اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ  وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ . كَمَاصَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَااِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَااِبْرَاهِيْمَ . وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلَى آلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ . كَمَابَارَكْتَ عَلَى سَيَّدِنَااِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَااِبْرَاهِيْمَ . فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَّجِيْدٌ .

Attahiyyaatul mubaarokatus sholawaatut thoyyibaatulillah . Assalaamu'alaika ayyuhannabiyyu warohmatullahi wabarokaatuh . Assalaamu'alaina wa'alaa 'ibaadillahis shoolihiin . Asyhadu allaa ilaha illallahu . Wa asyhadu anna muhammadarrasulullah . Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa alii sayyidina muhammad . Kamaa shollaita 'alaa sayyidinaa ibroohiim wa'alaa ali sayyidina ibroohiim . Wabaarik 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa ali sayyidina muhammad . Kamaa barokta 'alaa sayyidina ibroohiim wa'alaa ali sayyidina ibroohiim . Fil'aalamiina innaka hamiidummajiid

Artinya : Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad.
ya allah! limpahilah rahmat atas keluarga nabi muhammad.
sebagai mana telah engkau beri rahmat kepada nabi ibrohim dan keluarganya.
dan limpahilah berkah atas nabi muhammad beserta para keluarganya. sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada nabi ibroohiim dan keluarganya. bahwasanya engkau tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.

Lalu setelah tahiyat akhir ucapkan salam sambil kepala tengok ke kanan lalu ke kiri

Itulah tata cara sholat yang benar. Sekian artikel kali ini tentang sholat. Bagikan artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel tentang sholat ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Agama Islam

Thanks for reading Penjelasan Tentang Sholat Beserta Tata Caranya [LENGKAP]. Please share...!

0 Comment for "Penjelasan Tentang Sholat Beserta Tata Caranya [LENGKAP]"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top