Pengertian Sabar Beserta Keutamaannya Dalam Agama Islam

Sabar - Dalam Islam sabar ini adalah perilaku yang harus dimiliki oleh setiap orang islam. Dan pastinya semua orang Indonesia sudah tau dan paham apa itu sabar.

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang sabar. Saya akan menjelaskan mulai dari pengertian sabar, keutamaan dan contoh perilaku sabar.

Sabar

Pengertian Sabar

Sabar yang asal katanya dari bahasa arab yaitu kata sobaru yasbiru yang artinya adalah menahan. Secara istilah sabar yaitu menahan diri dari segala hal yang tidak disukai atau yang dibenci. Atau bisa dibilang sabar adalah menahan diri agar tidak marah, tidak benci, tidak berkeluh kesah, tidak mudah putus asa dan juga melatih diri dengan ketaatan dan melindungi diri supaya tidak melakukan perbuatan maksiat.

Dalam agama islam sabar ini terdapat tiga bentuk, yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat, dan sabar dalam menghadapi suatu musibah. Berikut adalah penjelasannya

Sabar Dalam Ketaatan

Dalam menjalankan perintah Allah SWT pastinya akan terasa berat karena banyaknya godaan syaitan sehingga untuk menjalankan perintah Allah SWT, manusia membutuhkan kesabaran yang tinggi. Contohnya adalah sabar dalam menahan diri dari sifat malas untuk beribadah kepada Allah SWT.

Sabar Dalam Menjauhi Perbuatan Maksiat

Semua yang haram itu pastinya dilarang oleh Allah SWT dan harus dijauhi. Dan semua bentuk maksiat itu menyenangkan tetapi hal itu dilarang oleh Allah SWT. Setiap orang muslim harus sabar dalam menahan diri dari hal - hal yang berbau maksiat itu yang dilarang oleh Allah SWT.

Sabar Dalam Menghadapi Suatu Musibah atau Cobaan

Setiap orang yang beriman pastinya harus bersabar atas semua cobaan dan musibah yang menimpanya. Dan orang yang diberi cobaan oleh Allah SWT itu adalah orang yang disayang oleh Allah SWT, ketika orang itu mendapatkan cobaan, maka orang itu harus bersabar dan tidak marah atau berkeluh kesah dengan ujian itu, orang itu harus tetap semangat dan harus berprasangka baik kepada Allah SWT karena sudah memberi cobaan yang menimpa orang tersebut.
Baca Juga : Pengertian Ikhlas Beserta Maknanya, Ciri - Cirinya, dan Contoh Perilakunya

Keutamaan Sabar

Keutamaan Sabar

Sabar ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut adalah keutamaan sabar yang sangat luar biasa.

- Orang Sabar Akan Selalu Bersama Dengan Allah SWT

Setiap orang yang bersabar dalam kehidupannya, pastinya akan dicintai dan lebih dekat dengan Allah SWT, karena sifat sabar ini adalah sifat yang disukai oleh Allah SWT. Allah akan melindungi, menjaga dan menolong orang - orang yang sabar dari segala hal yang menimpa mereka.

- Orang Yang Bersabar Akan Diberi Balasan Yang Luar Biasa Dan Pahala Yang Tanpa Batas

Bukti dari keutamaan ini terdapat pada surat Az-Zumar ayat 10 yang berbunyi : 

قُلۡ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ لِلَّذِينَ أَحۡسَنُواْ فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٞۗ وَأَرۡضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ

Artinya : "Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas"

Bisa dilihat arti dari ayat tersebut bahwa orang yang bersabar akan dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Hal ini berarti orang yang bersabar akan dicukupkan pahala mereka tanpa batas oleh Allah SWT.

- Sabar Adalah Perilaku Yang Harus Diutamakan

Dalam surat As-Syura ayat 43 yang berbunyi 

وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنۡ عَزۡمِ ٱلۡأُمُورِ

Artinya : "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan"

Bisa dilihat bahwa dari arti ayat tersebut bahwa orang yang bersabar dan memaafkan itu adalah perbuatan yang diutamakan. Dan perbuatan ini disukai oleh Allah SWT.

- Orang Yang Bersabar Akan Mendapatkan Keuntungan dan Keselamatan

Sabar itu akan mendapatkan keberuntungan dan juga keselamatan, dan orang yang sabar sangat berpeluang untuk masuk surganya Allah SWT. Jadi bagi siapa saja yang memperoleh perilaku ini Insyaa Allah akan mendapatkan keuntungan dan juga keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Itulah keutamaan dari sabar. Intinya adalah sabar itu perilaku yang mulia dan disukai oleh Allah SWT, jika kita ingin mendapatkan surganya, kita harus menjadi orang yang sabar.

Contoh Perilaku Sabar

Berikut adalah contoh perilaku sabar
  • Sabar ketika mendapatkan musibah dari Allah
  • Sabar ketika beristiqomah dalam menjalankan perintah Allah
  • Sabar ketika menahan hawa nafsu ketika berpuasa
  • Sabar ketika disakiti oleh orang lain atau difitnah oleh orang lain
  • Sabar ketika diberi cobaan oleh Allah
Intinya adalah sabar ini perilaku atau sifat yang disukai oleh Allah dan sifat ini adalah sifat yang mulia, dan perlu diketahui sabar tidak memiliki batasan, banyak orang yang bilang kalau orang mempunyai batas sabarnya namun hal itu salah, sabar tidak memiliki batasan.

Sekian artikel kali ini tentang sabar. Bagikan artikel ini ke teman kalian supaya bisa bermanfaat bagi mereka. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada di bawah website ini. Saya harap artikel tentang sabar ini semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Agama Islam

Thanks for reading Pengertian Sabar Beserta Keutamaannya Dalam Agama Islam. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Sabar Beserta Keutamaannya Dalam Agama Islam"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top