Tempat Untuk Belajar Secara Online

Pengertian Proxy Beserta Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Proxy - Didalam sebuah jaringan pastinya terdapat proxy. Proxy ini sangat penting pada sebuah jaringan. Pada jaringan dengan skala kecil ataupun jaringan yang berskala besar.

Pada kali ini mafia sekolah akan menjelaskan tentang proxy. Mafia sekolah akan menjelaskan mulai dari pengertian proxy, jenis proxy, fungsi proxy, dan cara kerja proxy.

Proxy

Pengertian Proxy

Proxy merupakan suatu server yang menyediakan layanan untuk melayani semua permintaan client kepada server lain yang ada di internet. Atau bisa dibilang proxy adalah suatu server yang bisa menghubungkan antara komputer client atau komputer pengguna dengan internet.

Jenis - Jenis Proxy

Proxy memiliki beberapa jenisnya. Berikut adalah jenis - jenis proxy.
  • Transparent Proxy, adalah jenis proxy yang dimana server akan melanjutkan permintaan client kepada source yang ingin terhubung tanpa memberitahu informasi komputer client. Jenis ini banyak digunakan didalam perkantoran.
  • Anonymous Proxy, adalah jenis proxy yang tugasnya memberitahu suatu informasi kepada komputer client. Contohnya saja ketika client melakukan request dari suatu website, maka website itu akan tahu alamat IP proxy yang dipakai oleh client tetapi website itu tidak mengetahui alamat IP dari komputer client tersebut. Karena server dari website tidak bisa mengakses alamat IP dari komputer client tersebut, jadi komunikasi antara komputer client dengan server website tersebut aman karena adanya jenis proxy ini.
  • High Anonymity Proxy, jenis proxy ini tidak menyebut dirinya sebagai proxy server hingga jenis ini tidak menyediakan alamat IP yang original. Proxy jenis ini memakai header REMOTE_ADDR dengan alamat IP yang terhubung ke proxy server, sehingga dari client akan melihat bahwa server proxynya berperan menjadi client.
  • Reserve Proxy, jenis ini biasanya digunakan untuk menyediakan jalan dari berbagai permintaan client dari internet, yang melalui suatu firewall yang sudah terisolasi dan jaringan pribadi.

Fungsi Proxy

Fungsi Proxy

Proxy mempunyai fungsi yang harus dipahami. Berikut adalah fungsi proxy :

Fungsi Connecting Sharing

Proxy memiliki fungsi untuk menghubungkan dan berbagi yang artinya dengan menggunakan proxy, maka suatu alamat IP pada komputer client bisa terhubung dengan alamat IP komputer lainnya, dan juga bisa menjadi sebagai perantara untuk sharing data antar dua alamat IP. Dalam fungsi ini, proxy bisa menjadi suatu gerbang yang dapat membatasi jaringan lokal dan juga jaringan luar. Dengan fungsi ini juga sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan internet dengan memakai sambungan dari gerbang tersebut.

Fungsi Filtering

Proxy juga memiliki fungsi filtering atau menyaring. Maksudnya adalah proxy dapat menyaring alamat IP yang tidak diinginkan, bahkan bisa untuk memblokir alamat IP tersebut supaya tidak terjadi kerusakan pada komputer server tersebut. Fungsi ini juga dapat melindungi jaringan lokal dari berbagai jenis serangan dan gangguan yang bisa masuk dari jaringan internet atau jaringan luar.

Fungsi Caching

Caching yaitu proses untuk sebuah proxy untuk menyimpan data yang pernah direquest oleh client pada saat browsing dengan menggunakan internet. Contohnya ketika komputer client sedang membuka website yang didalam website tersebut terdapat gambar dan objek lainnya, maka data gambar tersebut akan disimpan oleh proxy dengan bentuk cache. Dengan adanya media penyimpanan data di suatu web maka dapat membuat client lebih cepat untuk mengakses website itu.
Baca Juga : Pengertian Server Beserta Jenisnya, Fungsinya, dan Sistem Operasi Yang Digunakan

Cara Kerja Proxy

Cara kerja proxy sangatlah sederhana, jadi jika client menggunakan layanan dari suatu proxy, lalu client tersebut meminta data yang terdapat pada internet. Maka proxy akan meneruskannya ke internet yang seolah-olah proxy itu yang meminta datanya ke internet. Dan ketika server proxy itu sudah mendapatkan data yang diminta tadi oleh client, maka proxy itu akan memberikan respon kepada client dan proxy itu seolah-olah menjadi internet.

Sekian artikel kali ini tentang proxy. Intinya proxy ini sangat lah berguna pada jaringan lokal dan juga jaringan yang ada pada perusahaan-perusahaan. Jika terdapat kesalahan kata atau makna silahkan berkomentar dibawah artikel ini. Komentar lah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, jika terdapat komentar dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan maka komentar tersebut akan saya hapus.

Bagikan artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi teman kalian. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel kali ini tentang proxy dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: TI

Thanks for reading Pengertian Proxy Beserta Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Proxy Beserta Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top