Tempat Untuk Belajar Secara Online

Pengertian Seni Beserta Fungsinya dan Macamnya

Seni - Pastinya hampir setiap orang di Indonesia sudah pernah mendengar kata seni. Apalagi untuk anak yang masih sekolah pastinya belajar tentang seni budaya di sekolahnya.

Pada kali ini saya akan membahas tentang seni. Saya akan membahas mulai dari pengertian seni, fungsi seni, dan macam-macam seni.

Pengertian Seni

Pengertian Seni

Istilah seni asal katanya dari bahasa sanskerta yaitu sani yang artinya adalah pemujaan, persembahan dan pelayanan yang berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian. Pengertian seni secara umum yaitu sesuatu ekspresi pada perasaan manusia yang mempunyai unsur keindahan yang di ungkapkan melalui suatu media yang bersifat nyata dan bisa dirasakan oleh indera manusia.

Ada juga yang berpendapat bahwa seni adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia yang terdapat unsur keindahan dan bisa membangkitkan perasaan orang lain. Kesimpulannya adalah seni yaitu suatu hasil dari aktivitas batin seseorang yang dituangkan dalam bentuk karya yang dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Berikut adalah pendapat tentang seni dari para ahli yang terkenal
  1. Alexander Baum Garton, seni yaitu keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
  2. Aristoteles, seni yaitu bentuk yang pengungkapan nya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
  3. Immanuel Kant seni yaitu sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.
  4. Ki Hajar Dewantara, seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
  5. Leo Tolstoy, seni yaitu ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
  6. Sudarmaji, seni yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Fungsi Seni

Fungsi Seni

Fungsi seni dikelompokkan menjadi 2, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial, berikut adalah penjelasannya.

Fungsi Individu

Adalah fungsi seni yang memiliki manfaat untuk kebutuhan sendiri atau individu. Fungsi individu memiliki dua macam fungsi seni, yaitu :
  • Fungsi Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Fisik, manusia adalah makhluk yang memiliki kecakapan untuk memberikan apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai macam benda. Pada proses untuk pemenuhan kebutuhan fisik, seniman memiliki peran yang penting untuk membuat berbagai macam benda yang memiliki nilai seni untuk memuaskan kebutuhan fisik dan dapat memberikan kenyamanan untuk orang lain.
  • Fungsi Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Emosional, emosi yaitu perasaan yang ada pada diri manusia baik itu perasaan sedih, senang, marah, benci, cinta, dan lain-lain. Setiap manusia perlu untuk meluapkan perasaan yang ada pada diri nya supaya kondisi kejiwaannya tetap baik. Agar bisa memenuhi kebutuhan emosional nya, manusia harus membutuhkan suatu dorongan dari luar, misalnya seorang yang mempunyai jiwa seni pada dirinya akan meluapkan emosinya melalui lukisan atau musik.

Fungsi Sosial

Adalah suatu fungsi yang memiliki manfaat untuk pemenuhan kebutuhan sosial pada suatu individu. Fungsi sosial memiliki beberapa macamnya, berikut adalah penjelasannya.
  • Fungsi Keagamaan, seni memiliki peran yang penting untuk menyampaikan suatu pesan yang religius kepada manusia. Contoh dari fungsi keagamaan yaitu banyaknya lagu-lagu religius seperti lagu sholawatan dan juga banyaknya kaligrafi tulisan arab yang indah.
  • Fungsi Pendidikan, seni juga memiliki peran yang penting dalam pendidikan. Melalui seni, pelajar dapat belajar tentang ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalkan seorang pelajar sedang belajar musik atau belajar melukis, kegiatan ini merupakan kegiatan yang bisa mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.
  • Fungsi Komunikasi, seni juga memiliki fungsi untuk berkomunikasi. Misalkan dalam kritik sosial, saran atau gagasan. Contohnya adalah pergelaran wayang kulit yang isi ceritanya terdapat kritik atau saran kepada orang lain atau suatu lembaga lain. Contoh lain yaitu melalui poster yang isinya juga kritik atau saran kepada orang lain.
  • Fungsi Hiburan, seni memiliki fungsi hiburan yang berfungsi untuk menghibur atau melepas kejenuhan yang dikhususkan dalam pertunjukan hiburan.
  • Fungsi Guna, seni juga memiliki fungsi guna, maksutnya adalah karya seni yang terdapat kegunaannya dalam kehidupan manusia. Misalkan saja perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari rotan atau gerabah.
Baca Selengkapnya : Pengertian Gambar Ilustrasi Beserta Fungsi, Unsur, Cara Menggambarnya dan Jenisnya

Macam-Macam Seni

Berikut adalah macam-macam seni.

Seni Rupa

Seni rupa yaitu salah satu macam seni yang mempunyai wujud yang pasti dan memanfaatkan unsur rupanya yang dikelompokkan pada bentuk gambar, patung, lukisan, kerajinan tangan, dan kriya. Seni rupa secara performatif yaitu menunjukkan wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis dengan melalui suatu media sebagai dasar perwujudan rupa. Seni rupa sudah ada sejak dimulainya zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang.

Seni Musik

Seni musik yaitu seni yang memakai bunyi atau suara sebagai unsur utamanya. Didalam musik juga terdapat unsur lain misalnya melodi, notasi, dan harmonisasi. Suara musik berasal dari alat-alat musik.

Seni Tari

Seni tari yaitu suatu seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai unsur keindahannya. Seorang koreografer atau pengarah tari bisa menyampaikan maksud atau pesan dari gerakan tarian itu. Biasanya seni tari ini digabung oleh seni musik. Dengan menggabungkan dengan seni musik, maka gerakan tari akan menjadi lebih sempurna dalam menyampaikan perasaan dan pesan.

Seni Teater

Seni teater yaitu seni yang menggambarkan buah pikir seseorang. Hasil dari imajinasi dari seseorang tersebut berhubungan dengan perilaku makhluk hidup, baik secara perorangan ataupun kelompok. 

Seni Sastra

Seni sastra yaitu seni yang dihasilkan dari kreasi manusia yang dapat dinikmati dari segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Seni sastra memiliki keindahan yang berbentuk kata-kata, baik yang ditulis atau disuarakan. Contoh seni sastra yaitu tulisan, puisi, dan kaligrafi.

Sekian artikel kali ini tentang Seni. Jika terdapat kesalahan makna atau kata silahkan komentar di bawah artikel ini. Komentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Jika terdapat komentar dengan menggunakan bahasa yang tidak baik maka komentar tersebut akan saya hapus.

Bagikan artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya dapat bermanfaat bagi orang lain. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel kali ini tentang Seni dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: Seni Budaya

Thanks for reading Pengertian Seni Beserta Fungsinya dan Macamnya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Seni Beserta Fungsinya dan Macamnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top