Apa Itu E-Commerce ? Berikut Penjelasannya

E-Commerce - Pastinya setiap orang di Indonesia ataupun di luar negeri sudah pernah mendengar kata e-commerce. Tapi banyak juga yang sudah pernah mendengarnya namun ia tidak begitu paham apa itu e-commerce.

Pada kali ini mafia sekolah akan membahas tentang e-commerce. Mafia sekolah akan membahas mulai dari pengertian e-commerce, manfaat e-commerce, jenis-jenis e-commerce, dampak positif dan negatif e-commerce.

E-Commerce

Pengertian E-Commerce

E-Commerce atau bahasa Indonesia nya adalah Perdagangan Elektronik yaitu suatu kegiatan jual beli barang yang menggunakan sistem elektronik seperti internet, televisi atau sistem elektronik lainnya. E-Commerce bisa melibatkan transfer dana dengan menggunakan sistem elektronik, sistem pengumpulan data otomatis dan sistem manajemen inventori otomatis.

Manfaat E-Commerce

E-Commerce memiliki beberapa manfaat, yaitu :
  • Dapat mempermudah komunikasi antara produsen dengan konsumen
  • Pembayaran yang mudah dapat dilakukan dengan jarak jauh atau secara online
  • Lebih mudah untuk dilakukan baik untuk membeli barang ataupun menjual barang
  • Penyebaran informasi atau promosi yang mudah dilakukan
  • Dapat mempermudah pemasaran barang atau jasa
  • Dapat memperluas jangkauan konsumen dengan target pasar yang tidak memiliki batas

Jenis - Jenis E-Commerce

Jenis E-Commerce

E-Commerce memiliki beberapa jenisnya, berikut adalah jenis-jenis e-commerce.

Business to Business / B2B

E-Commerce B2B yaitu e-commerce yang dilakukan oleh orang yang saling mempunyai kepentingan bisnis yang dimana kedua belah pihak itu biasanya sudah saling mengenal satu sama lain dan sudah saling tahu proses bisnis yang dilakukan oleh mereka satu sama lain.

Jenis ini biasanya dilakukan secara berkelanjutan, maksudnya adalah kedua belah pihak tersebut saling berlangganan dalam membeli atau menjual barang atau jasa. Contoh dari e-commerce jenis ini yaitu jika ada dua perusahaan atau dua belah pihak yang saling melakukan transaksi jual beli barang yang dilakukan dengan cara online dari internet, biasanya sistem pembayaran yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut dengan cara online atau menggunakan kredit card.

Business to Consumer / B2C

E-Commerce B2C yaitu jenis e-commerce yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan konsumen. Seperti produsen yang menjual produknya ke konsumen secara online. Jenis ini pihak produsen hanya menjual produknya saja dan pihak konsumen hanya sebagai pembeli saja. Pihak konsumen tidak melakukan bisnis ke pihak produsen atau tidak menjual barang ke pihak produsen, tetapi konsumen hanya membeli barang dari pihak produsen.

Contoh website yang menggunakan jenis ini adalah Bhinneka, dan Tiket.com.

Consumer to Consumer / C2C

E-Commerce C2C yaitu jenis e-commerce yang dilakukan antara konsumen dengan konsumen, contohnya saja konsumen yang membeli barang dari sebuah produsen, ia akan menjual kembali barang tersebut ke konsumen lainnya.

Contoh website yang menggunakan jenis ini adalah website tokopedia, bukalapak, elevenia.

Consumer to Business / C2B

E-Commerce C2B yaitu jenis e-commerce yang dilakukan oleh konsumen kepada produsen, contohnya adalah konsumen akan memberitahu kepada produsen tentang produk yang konsumen inginkan melalui internet kepada produsen, lalu produsen yang mengetahui permintaan dari konsumen akan menawarkan barang yang diinginkan dari konsumen tersebut.

Contoh website yang menggunakan jenis ini adalah www.istockphoto.com dan www.mybloggertheme.com. Untuk istockphoto ia menjual foto, atau media untuk para produsen. Dan untuk mybloggertheme ia menjual tema website untuk para produsen.

Business to Administration / B2A

E-Commerce B2A yaitu jenis yang mencakup semua transaksi yang dilakukan dengan cara online antar perusahaan dan administrasi publik. Jenis ini melibatkan banyak layanan, khususnya pada bidang jaminan sosial, fisikal, ketenagakerjaan, dan lainnya. Jenis ini sudah meningkat dalam jangka waktu terakhir ini dengan investasi yang dibuat oleh pemerintah. Contoh website dengan jenis e-commerce ini yaitu www.pajak.go.id, www.bpjs-online.com.

Consumer to Administration / C2A

E-Commerce C2A yaitu jenis yang meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan oleh konsumen dengan administrasi publik. Contoh kegiatan yang digunakan dari jenis ini yaitu pendidikan, pajak, kesehatan, jamsostek.

Online to Offline / O2O

E-Commerce O2O yaitu jenis yang menarik konsumen dari jaringan online untuk toko fisik. Jenis ini mengidentifikasikan konsumen di jaringan online seperti iklan internet ataupun email yang kemudian menggunakan berbagai pendekatan agar menarik perhatian konsumen lalu meninggalkan lingkup jaringan online. 

Contoh website yang menggunakan jenis ini adalah website MatahariMall dan Kudo.
Baca Juga : Pengertian Proxy Beserta Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Dampak Positif E-Commerce

E-Commerce memiliki beberapa dampak positif, berikut adalah dampak positif dari e-commerce.
  • Dapat meningkatkan market exposure.
  • Pendapatan mungkin lebih menjanjikan dibandingkan dari sistem jual beli yang berada di pasar tradisional.
  • Bisa memperluas jangkauan.
  • Dapat meningkatkan konsumen.
  • Dapat mempercepat waktu produksi
  • Mengurangi biaya operasional
  • Dapat meningkatkan pendapatan

Dampak Negatif E-Commerce

Selain dampak positif, e-commerce juga memiliki dampak negatif, berikut adalah dampak negatif dari e-commerce.
  • Rawannya penipuan
  • Dapat terjadinya suatu kerugian yang tidak diduga, karena bisa saja terjadi suatu gangguan yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak sengaja, dengan ketidak jujuran dan kesalahan dari faktor sistem ataupun faktor manusia.
  • Dapat kehilangan konsumen yang akibatnya dari gangguan pelayanan.
  • Adanya pihak yang tidak bertanggung jawab, misalnya saja seorang hacker yang membobol sistem perbankan dan menggunakannya dengan hal yang tidak baik.
  • Dapat kehilangan kepercayaan dari konsumen, misalnya saja karena faktor yang dilakukan oleh pihak lain supaya menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Sekian artikel kali ini tentang e-commerce. Intinya adalah e-commerce itu suatu kegiatan yang memiliki keuntungan yang besar namun juga ada kerugiannya. Kerugiannya bisa diatasi jika perusahaan tersebut profesional dalam mengembangkan e-commerce ini.

Bagikan artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi teman kalian. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel kali ini tentang E-Commerce dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Labels: TI

Thanks for reading Apa Itu E-Commerce ? Berikut Penjelasannya. Please share...!

0 Comment for "Apa Itu E-Commerce ? Berikut Penjelasannya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top