Tempat Untuk Belajar Secara Online

Niat Mandi Wajib Beserta Tata Caranya Yang Harus Diketahui

Mandi Wajib - Atau yang bisa disebut dengan mandi junub, ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan karena sebab tertentu. Dan semua umat islam harus mengetahui tata caranya yang benar.

Pada kali ini saya akan membahas tentang mandi wajib. Saya akan membahas mulai dari pengertian mandi wajib terlebih dahulu, niatnya, tata caranya, hal yang harus diperhatikan ketika mandi wajib, hal yang menyebabkan mandi wajib, dan hal yang tidak boleh dilakukan sebelum mandi wajib.

Mandi Wajib

Pengertian Mandi Wajib

Mandi yang dalam bahasa arab yaitu "ghusl", maknanya secara bahasa yaitu mengalirkan. Mandi wajib memiliki istilah lain yaitu mandi junub, mandi junub yaitu mandi yang harus dilaksanakan ketika berjunub.

Mandi wajib secara istilah yaitu meratakan air ke seluruh bagian tubuh yang diawali dengan niat untuk membersihkan diri dari hadas besar. Mandi bisa membuat perasaan nyaman dan percaya diri, baik ketika beribadah ataupun beraktivitas.

Berikut adalah dalil dari Al-Qur'an tentang mandi wajib.

Q.S Al-Maidah/5:6

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُواْ وُجُوهَكُمۡ وَأَيۡدِيَكُمۡ إِلَى ٱلۡمَرَافِقِ وَٱمۡسَحُواْ بِرُءُوسِكُمۡ وَأَرۡجُلَكُمۡ إِلَى ٱلۡكَعۡبَيۡنِۚ وَإِن كُنتُمۡ جُنُبٗا فَٱطَّهَّرُواْۚ وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٞ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ  

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur"

Q.S An-Nisa/4:43

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَقۡرَبُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمۡ سُكَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعۡلَمُواْ مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغۡتَسِلُو

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. "

Niat Mandi Wajib

Mandi wajib terdapat beberapa niat, berikut adalah niat mandi wajib

Niat Mandi Wajib Secara Umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'il hadatsil akbari fardholillahita'aala

Artinya : "Niat saya mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala"

Niat Mandi Wajib Untuk Orang Yang Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'il hadatsil haid lillahita'aala

Artinya : "Niat saya mandi wajib untuk menghilangkan hadast haid karena Allah Ta’ala"
Baca Juga : Pengertian Puasa Beserta Macam, Syarat, Pembatal, dan Maknanya

Tata Cara Mandi Wajib

Tata Cara Mandi Wajib

Berikut adalah tata cara mandi wajib secara umum :
  1. Berniat, langkah awal yaitu niat, niatnya sudah dijelaskan diatas tadi. Niat adalah hal yang harus dilakukan sebelum melakukan mandi wajib.
  2. Membasuh Tangan, lalu selanjutnya adalah membasuh tangan. Disunahkan untuk membasuhnya sebanyak 3 kali agar benar-benar bersih dari najis.
  3. Membersihkan Bagian Tubuh Yang Kotor Dengan Menggunakan Tangan Kiri, bagian tubuh tersebut seperti kemaluan, dubur, ketiak, dan sebagainya.
  4. Mencuci Tangan, cuci tangan lagi yang tadi bekas digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang kotor. Cuci dengan menggunakan tanah atau sabun.
  5. Berwudhu, berwudhu seperti ingin sholat.
  6. Mengguyur Kepala, mengguyur kepala dengan menggunakan air sebanyak 3x hingga rambut basah semua dan kulit kepala juga basah.
  7. Menyela-nyela Rambut Dengan Jari, lalu menyela-nyela rambut dengan menggunakan jari tangan.
  8. Mengguyur Seluruh Bagian Badan, lalu guyur seluruh bagian badan dari bagian kanan ke bagian kiri.
  9. Menggunakan Sabun Atau Shampo, lalu diperbolehkan untuk mencuci ulang semua badan dengan menggunakan sabun atau untuk membilas rambut dengan menggunakan shampo.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan mandi wajib :
  • Memakai air yang suci/mutlak, yaitu air yang belum tercampur oleh apa saja misalnya belum tercampur oleh kotoran, sabun atau yang lainnya yang bisa membuat sifat dan warna air itu berubah.
  • Seluruh bagian tubuh harus terkena oleh air.
  • Harus menutup aurat dari pandangan manusia. Maksutnya adalah harus melakukannya di tempat tertutup yang tidak terlihat oleh manusia.
  • Tidak boleh ada benda yang berada di badan untuk menghalangi air jatuh ke badan.
  • Mengguyur kepala atau badan sebanyak 3x
  • Mengguyur seluruh anggota badan dari bagian kanan ke kiri
  • Tidak berlebihan menggunakan air, gunakanlah air secukupnya.
  • Berniatlah dalam hati, karena jika berniat dengan mengeluarkan suara, itu tidak beradab dikarenakan niat mandi wajib terdapat lafadz Allah Swt.

Hal Yang Menyebabkan Mandi Wajib

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan mandi wajib :
  • Setelah selesainya darah haid bagi perempuan, sebagaimana hadis riwayat bukhari yang berbunyi "Apabila kamu datang haid hendaklah kamu meninggalkan sholat. Apabila darah haid berhenti, hendaklah kamu mandi dan mendirikan sholat".
  • Setelah darah nifas bagi perempuan
  • Keluarnya Mani, perlu diketahui kalau mani berbeda dengan madzi dan wadi. Mani adalah air yang keluar dari kemaluan ketika orgasme. Mani keluar karena syahwat yang memuncak dan setelah keluar mani badan akan lemas. Madzi adalah air yang keluar dari kemaluan karena syahwat tapi belum memuncak atau sempurna. Keluarnya tidak sampai menyebabkan lemas. Wadi adalah air yang keluar dari kemaluan dikarenakan kelelahan karena mengangkat barang yang terlalu berat. Wadi warnanya putih dan agak kental.
  • Setelah bertemunya dua kemaluan tetapi tidak keluar mani.
  • Ketika seseorang yang baru masuk islam / muallaf, sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Qois bin Ashim RA yaitu "Beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara)."
  • Ketika orang meninggal dunia, orang yang meninggal dunia wajib untuk mandi, namun dimandikan oleh orang lain. Sebagaimana Hadist Riwayat Bukhari yaitu "Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian)."

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Mandi Wajib

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebelum mandi wajib :
  • Dilarang menyentuh Al-Qur'an dan Membaca Al-Qur'an
  • Tidak boleh melakukan sholat wajib atau sunah
  • Dilarang berdiam diri di masjid atau i'tikaf
  • Tidak boleh berpuasa wajib atau sunah
  • Tidak boleh thawaf (salah satu rukun haji)
  • Tidak boleh diceraikan, maksutnya adalah jika ada suami istri yang ingin bercerai lalu salah satunya belum melakukan mandi wajib, maka dilarang untuk diceraikan sebelum melakukan mandi wajib.
Sekian artikel kali ini tentang Mandi Wajib. Jika terdapat pertanyaan atau pengertian yang salah silahkan berkomentar di bawah artikel ini. Komentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, jika tidak menggunakan bahasa yang tidak baik dan tidak sopan maka komentar tersebut akan saya hapus.

Bagikan artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya dapat bermanfaat bagi mereka. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel kali ini tentang mandi wajib bisa bermanfaat bagi kalian semua.

والله أعلمُ بالـصـواب

Labels: Agama Islam

Thanks for reading Niat Mandi Wajib Beserta Tata Caranya Yang Harus Diketahui. Please share...!

0 Comment for "Niat Mandi Wajib Beserta Tata Caranya Yang Harus Diketahui"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top