Pengertian Iman Kepada Malaikat Beserta Hukumnya, Perbedaannya, dan Namanya Yang Wajib Diketahui

Malaikat - Pengertian iman kepada Malaikat ini berada pada pelajaran Agama Islam di kelas 10. Malaikat yaitu makhluk ciptaan Allah yang sangat patuh kepada perintah Allah. Malaikat memiliki jumlah yang banyak.

Pada kali ini saya akan menjelaskan lengkap tentang Pengertian Iman Kepada Malaikat. Saya akan membahas mulai dari Pengertiannya, hukum berimannya, perbedaan Malaikat, dan nama Malaikat yang wajib diketahui beserta tugasnya.

Malaikat

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Sebelumnya iman secara bahasa berarti percaya atau yakin, dari segi istilah iman itu artinya meyakini dengan hati yang kuat, mengucapkannya dengan lisan, dan mengamalkannya dengan seluruh anggota tubuh. Malaikat menurut istilah yaitu makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya dan sebagai utusan Allah SWT dan malaikat itu taat dan patuh dan juga tidak pernah membangkang terhadap perintah Allah SWT.

Iman kepada malaikat itu artinya meyakini dengan hati bahwa Malaikat itu ada dan diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk gaib dan diutus untuk melaksanakan perintah-Nya. Seseorang yang beriman kepada malaikat pastinya akan menggunakan anggota tubuhnya untuk berhati-hati dalam berbuat sesuatu.

Hukum Beriman Kepada Malaikat

Hukum beriman kepada Malaikat itu fardhu ain. Fardhu ain yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang muslim yang sudah memenuhi syarat misalnya balig, berakal, bisa melihat dan mendengar. Terdapat sumber dari Al-Qur'an tentang beriman kepada Malaikat sebagai berikut :

Q.S Al-Baqarah/2:285

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٖ مِّن رُّسُلِهِۦۚ وَقَالُواْ سَمِعۡنَا وَأَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيۡكَ ٱلۡمَصِيرُ ٢٨٥

Artinya : "Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali"

Q.S An-Nisa/4:136

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ مِن قَبۡلُۚ وَمَن يَكۡفُرۡ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَٰلَۢا بَعِيدًا ١٣٦

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya"
Baca Selengkapnya : Pengertian Wudhu Beserta Rukun, Sunah, Syarat, Pembatal, dan Tata Caranya

Perbedaan Malaikat Dengan Manusia dan Jin

Malaikat mempunyai banyak sekali perbedaan dengan Manusia dan Jin Berikut adalah perbedaan-perbedaannya :

Malaikat :
  • Makhluk gaib
  • Tidak memiliki hawa nafsu
  • Selalu taat terhadap perintah Allah
  • Tidak mempunyai jenis kelamin
  • Tidak makan, minum, tidur, dan menikah
  • Mempunyai akal pikiran yang tetap atau tidak berubah
Manusia :
  • Makhluk nyata
  • Mempunyai hawa nafsu
  • Ada yang taat kepada Allah dan ada juga yang tidak taat kepada Allah
  • Mempunyai jenis kelamin
  • Makan, minum, tidur, dan menikah
  • Mempunyai akal pikiran yang tidak tetap atau sering berubah
Jin :
  • Makhluk gaib
  • Mempunyai hawa nafsu
  • Mempunyai jenis kelamin
  • Makan, minum, tidur, dan menikah
  • Mempunyai akal pikiran

Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Hanya Allah yang tahu jumlah Malaikatnya, tetapi umat muslim diharuskan untuk mengetahui nama 10 Malaikat ini beserta dengan tugasnya, berikut adalah nama 10 Malaikat yang harus diketahui beserta tugasnya :

- Malaikat Jibril

Malaikat Jibril dikenal sebagai penghulu para Malaikat. Malaikat Jibril merupakan salah satu dari tiga Malaikat yang namanya disebut di Al-Qur'an, yakni pada Surat Al-Baqarah ayat 97-98 dan Surat At-Tahrim ayat 4. Malaikat Jibril mempunyai nama lain yaitu, Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus. Tugas utama Malaikat Jibril yaitu menyampaikan wahyu dari Allah SWT.

- Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas untuk mengatur urusan makhluk Allah Swt termasuk urusan rezeki untuk manusia. Selain tugasnya untuk membagikan rezeki, Malaikat Mikail juga sering bersama-sama dengan Malaikat Jibril dalam menjalankan tugasnya. 

- Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup. Malaikat Izrail dikenal dengan Malaikat Maut. Malaikat Izrail diberi kemampuan oleh Allah SWT seperti bisa menjangkau dengan mudah dari barat sampai timur seperti seseorang yang berada didepan meja makan yang dipenuhi dengan berbagai macam makanan.

- Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniup sangkakala. Malaikat Israfil selalu memegang terompet yang berada pada mulutnya selama berabad-abad sampai menunggu Allah memerintahkan untuk meniup. Malaikat Israfil akan meniup 3x, tiupan yang pertama untuk menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan yang kedua akan mewafatkan malaikat atau makhluk Allah dan tiupan yang ketiga untuk membangkitkan orang-orang yang sudah mati dan mengumpulkannya di Padang Mahsyar.

- Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas untuk menanyakan orang yang telah mati di alam kubur. Malaikat Munkar dan Nakir akan bertanya 3 perkara, yaitu :
  • Siapa Tuhan mu?
  • Apa Agama mu?
  • Siapa Nabi mu?

- Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat amal baik manusia.

- Malaikat Atid

Malaikat Atid memiliki tugas untuk mencatat amal keburukan manusia.

- Malaikat Malik

Malaikat Malik memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka.

- Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga dan mengawasi surga dan juga menyambut semua hamba Allah SWT yang akan masuk ke dalam surga. Malaikat Ridwan sangat ramah untuk menyambut orang-orang yang akan masuk surga.

Sekian artikel kali ini tentang Malaikat. Jika terdapat kesalahan kata atau makna pada artikel kali ini silahkan untuk berkomentar dibawah. Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan, jika terdapat komentar dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan maka komentar tersebut akan saya hapus.

Bagikan artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi teman kalian. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel tentang Malaikat dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semua.

والله أعلمُ بالـصـواب

Labels: Agama Islam

Thanks for reading Pengertian Iman Kepada Malaikat Beserta Hukumnya, Perbedaannya, dan Namanya Yang Wajib Diketahui. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Iman Kepada Malaikat Beserta Hukumnya, Perbedaannya, dan Namanya Yang Wajib Diketahui"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top