Pengertian Istiqomah Beserta Keutamaannya dan Contohnya

Istiqomah - Setiap umat muslim pastinya pernah mendengar kata istiqomah tetapi banyak juga yang tidak mengerti arti dari istiqomah dan juga keutamaannya. Istiqomah itu memiliki keutamaan yang luar biasa dalam kehidupan dunia ini.

Pada kali ini saya akan membahas tentang istiqomah. Saya akan membahas mulai dari pengertian istiqomah, keutamaannya, dan contohnya.

Istiqomah

Pengertian Istiqomah

Sebelumnya istiqomah itu berarti mempunyai sikap teguh pada pendiriannya. Istiqomah dalam islam yaitu memiliki sikap yang teguh untuk melakukan suatu kebaikan dan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Berarti istiqomah itu adalah sikap yang teguh untuk berbuat kebaikan terus menerus, menjalankan perintah Allah terus menerus dan mempertahankan keimanannya. Istiqomah ini sangat berat sekali dilakukannya.

Sikap istiqomah walaupun berat dilakukan namun wajib dimiliki oleh setiap orang muslim karena istiqomah memiliki banyak keuntungannya contohnya saja mendapatkan pahala dan bisa menjadi lebih dekat lagi dengan Allah.

Berikut adalah dalil dari Al-Qur'an tentang istiqomah : 

Q.S Al-Ahqaf/46:13

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُواْ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَٰمُواْ فَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُونَ 

Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) bersedih hati"

Q.S Fussilat/41:30

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُواْ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَٰمُواْ تَتَنَزَّلُ عَلَيۡهِمُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُواْ وَلَا تَحۡزَنُواْ وَأَبۡشِرُواْ بِٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِي كُنتُمۡ تُوعَدُونَ  

Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu"

Dalam ayat diatas sudah jelas bahwa orang yang istiqomah sudah dijamin oleh Allah Swt dengan surganya Allah Swt.

Keutamaan Istiqomah

Keutamaan Istiqomah

Istiqomah memiliki banyak keutamaannya, berikut adalah keutamaan dari istiqomah :
  • Menjadi teladan yang baik, orang yang selalu istiqomah dalam berbuat kebaikan dan beribadah pastinya akan menjadi orang yang baik.
  • Menjadi orang yang disiplin, seseorang yang istiqomah untuk melakukan sholat berjamaah di masjid pasti dia disiplin akan waktu dan tidak pernah telat untuk melakukan sholat berjamaah di masjid.
  • Mendapatkan pahala, pastinya orang yang beristiqomah untuk melakukan kebaikan dan beribadah mendapatkan pahala.
  • Dilapangkan rezekinya, seseorang yang selalu beribadah kepada Allah otomatis ia akan selalu dekat dengan Allah Swt dan Insyaa Allah, Allah Swt akan melapangkan rezekinya dan memberkahi rezekinya.
  • Mendapat pertolongan oleh Allah Swt, seorang yang istiqomah pastinya akan dekat dan lebih mengenal dengan Allah Swt, dalam Hadis Riwayat Hakim Syaikh Al Albani yaitu "Rasulullah bersabda : Kenalilah Allah di waktu lapang, niscaya Allah akan mengenalimu ketika susah". Dalam hadis tersebut berarti jika kita mengenal lebih dekat dengan Allah Swt dan ketika kita susah, maka Allah Swt akan menolongnya.
  • Terpelihara kehormatannya, seseorang yang selalu istiqomah di jalan Allah Swt pastinya akan terjaga kehormatannya oleh orang lain.
  • Mendapatkan banyak teman, pastinya seseorang yang selalu beristiqomah di jalan Allah Swt akan mendapatkan banyak teman, misalkan saja ada seorang yang selalu sholat berjamaah di masjid, otomatis orang tersebut akan mengenal orang-orang yang berada di masjid dan akan menjadi teman dari orang tersebut.
Itulah keutamaan dari istiqomah, tetapi setahu saya masih banyak lagi keutamaannya dan yang saya tulis ini adalah sepengetahuan saya.
Baca Selengkapnya : Pengertian Puasa Beserta Macam, Syarat, Pembatal, dan Maknanya

Contoh Istiqomah

Berikut adalah contoh dari perilaku istiqomah :
  • Selalu menjalankan perintah Allah Swt dan menjauhi larangannya dalam keadaan susah atau senang.
  • Selalu melaksanakan sholat pada waktunya.
  • Selalu melaksanakan sunah-sunah rasul.
  • Selalu berbuat kebaikan kepada manusia atau makhluk lainnya seperti tumbuhan dan hewan.
  • Selalu melaksanakan sholat sunah.
  • Selalu mencari ilmu hingga akhir hayat (karena kata guru saya mencari ilmu itu hingga akhir hayat dan orang yang berhenti mencari ilmu itu sama saja seperti orang mati).
  • Selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa yang senang dan tidak merasa karena paksaan, tetapi menjalankan kewajibannya ikhlas lillahita'ala.
Itulah contoh dari istiqomah, intinya istiqomah itu selalu berbuat baik tanpa henti dan selalu menjalankan perintah Allah Swt kapanpun disaat senang atau susah.

Sekian artikel kali ini tentang Istiqomah. Jika terdapat pengertian atau kata yang salah silahkan berkomentar pada kolom komentar yang ada dibawah artikel ini. Komentarlah dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baik, jika terdapat komentar dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan maka komentar tersebut akan saya hapus.

Bagikan artikel ini ke teman kalian atau orang lain supaya dapat bermanfaat bagi teman kalian atau orang lain. Subscribe website ini dengan cara memasukkan alamat email kalian ke dalam kotak email yang ada dibawah website ini. Saya harap artikel kali ini tentang Istiqomah dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semua.

والله أعلمُ بالـصـواب

Labels: Agama Islam

Thanks for reading Pengertian Istiqomah Beserta Keutamaannya dan Contohnya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Istiqomah Beserta Keutamaannya dan Contohnya"

Mohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

Back To Top